Minggu, 28 April 2013

Anak Berumur 9 Tahun Mendapat Sertifikat Microsoft Technology Specialist



Apakah Anda masih ingat apa yang ada dipikiran Anda ketika Anda berumur sembilan tahun? Menjadi pemain bola, astronot, atau mungkin menjadi artis? Apakah menjadi programmer, designer, atau developer pernah terlintas dipikiran Anda ketika Anda berumur segitu? Perkenalkan Pranav Kalyan, seorang anak berumur sembilan tahun yang akan membuat anak berumur sembilan tahun lainnya (termasuk saya pada saat itu) menjadi malu.
Pranav Kalyan adalah orang termuda yang mendapat Microsoft Certified Technology Specialist (MCTS). Ia adalah masih duduk di kelas 4 Willow Elementary School kota Agoura Hills, sebuah kota kecil di luar Los Angeles. Pada 12 Januari 2013 kemarin, Pranav baru saja melewati ujianMCTS dalam bidang ASP.NET Framework 3.5. Ya anak ini jelas lebih pintar daripada saya.

Times of India berbicara dengan Pranav dan ayahnya, Kalyan, melalui telepon. Kalyan, berasal dari Tamil Nadu, India. Ia memperkenalkan anaknya kepada komputer sejak Pranav berusia dua tahun. Kalyan mengatakan:
As a toddler, Pranav was more fascinated by computers than toys. He started writing small software programs at the age of six.
Sebagai balita, Pranav lebih terpesona oleh komputer daripada mainan. Dia mulai menulis program software kecil pada usia enam.
Kemudian Kalyan melanjutkan:
He is capable of solving problems in differential calculus and integral calculus. His efficiency in mathematics helped him write programs.
Dia mampu memecahkan masalah dalam kalkulus diferensial dan kalkulus integral. Efisiensi dalam matematika membantunya menulis program.
Awalnya Pranav mulai mempelajari HTML dasar, kemudian kita ia berhasil menguasainya. 18 bulan lalu, Pranav mulai mempersiapkan diri untuk mengambil sertifikasi MCTS. Dalam persiapannya, Pranav mengatakan:
I spend at least eight hours a day on computer programming during holidays.
Aku menghabiskan setidaknya delapan jam per hari untuk membuat program komputer selama liburan.
Bagaimana menurut Anda? Apakah anak ini memang jenius atau ujian MCTS tergolong mudah?
Analisa :
Perkembangan teknologi informasi (Information Technology, IT), memacu kebutuhan akan sumber daya manusia yang handal. Sebagai generasi penerus bangsa yang modern tentunya tidak lepas dari pendidikan ilmu IT karena didalam ilmu teknologi ini sangatlah berpengaruh terhadap perkembangan suatu negara. Diberbagai negara tentunya juga terdapat generasi-generasi penerus bangsa yang mempunyai banyak hobi-hobi yang beragam, terutama bidang IT.
Bidang IT memiliki rentang bidang yang cukup luas. Latar belakang kebutuhan pendidikanpun bervariasi. Ada pekerjaan yang membutuhkan banyak inovasi dan teori yang membutuhkan latar belakang pendidikan formal diperguruan tinggi. Akan tetapi ada pula bidang IT yang tidak membutuhkan pendidikan formal di perguruan tinggi tetapi dilihat dari kemampuan  dalam pengoperasian suatu program dalam bidangnya.
Sama halnya contoh kasus di atas yang jauh dari perkiraan anak umur 9 tahun bisa mendapatkan sertifikasi microsoft MCTS, Pranav Kalyan merupakan satu dari banyak orang yang mendapatkan sertifikasi tersebut. Kebanyakan anak seumuran dia masih menghabiskan waktu dengan bermain akan tetapi tidak untuk Pranav, dia menhabiskan waktu liburnya untuk membuat sebuah program komputer. Sungguh anak yang jenius karena itu dia memdapatkan penghargaan sertifikasi tersebut. Memang sekiranya kita mendengar mudah mendapatkan sertifikasi MCTS tersebut, kalau kita memang mempunyai kemampuan atau skill dalam bidang tersebut. Sebaliknya tanpa mempunyai kemampuan atau skill dalam bidang tersebut kita tidak akan mendapatkan sertifikasi tersebut.
Berharap di luaran sana masih banyak anak-anak, remaja, bahkan orang dewasa pun yang ingin seperti Pranav bahkan jauh lebih dari dia. Karena pengetahuan dalam bidang IT berpengaruh besar akan perkembangan suatu negara.

(Nova Nujula, Sumber http://techrity.com/2013/01/17/anak-berumur-9-tahun-mendapat-sertifikat-microsoft-technology-specialist/
By Ricky Haryadi | January 17, 2013) 

0 komentar:

Posting Komentar